Senin, 09 Februari 2015

SNMPTN UNIMED

SNMPTN UNIMED 2015. Panitia PTN SNMPTN Universitas Negeri Medan pada senin, 26 Januari 2015 menggelar jumpa pers bersama puluhan media masa cetak dan elektronik tentang Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN 2015 di ruang inherent Biro Rektor Unimed. Hadir dalam jumpa pers tersebut yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Wakil Rektor I yang juga selaku Ketua Panitia PTN SNMPTN Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd. Kordinator IT Yusri Effendy, S.Pd. 
 
Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, dalam paparannya mengatakan bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN Tahun 2015 ini pada prinsipnya sama dengan tahun yang lalu, hanya beberapa hal yang berbeda terkait pengisian PDSS, Pendaftaran SNMPTN oleh siswa dan pengisian portofolio bagi pendaftar yang ingin memilih prodi olah raga, seni rupa dan seni musik. Seleksi jalur SNMPTN ini merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru dengan memegang prinsip keadilan, akuntabel, dan transparan. Sehingga semua siswa SMA/MA/SMK/MAK yang akan mengikuti UN Tahun 2015 ini memiliki hak yang sama untuk ikut seleksi jalur ini. Saya berharap kepala Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK di kabupaten/kota Provinsi Sumatera Utara bisa bekerjasama dalam pengisian PDSS dan mendorong para siswa untuk berkenan mengikuri seleksi jalur SNMPTN 2015 ini. Kemudian dihimbah juga agar para sekolah dalam mengisi PDSS tidak dilakukan diakhir masa-masa pengisian yakni 8 Maret 2015, tapi lakukanlah pengisian PDSS mulai dari sekarang. 
 
Kemudian Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd mengatakan bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru di tahun 2015 ini melalui tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Sesuai Permen Kementerian Ristek dan Dikti No. 2 Tahun 2015 penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dengan kouta 50 %, jalur SBMPTN dengan kouta 30 %, dan sedangkan melalui jalur Seleksi Mandiri dengan kouta 20 %. Selanjutnya jalur ini terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Panitia PTN SNMPTN Unimed menyediakan kursi bagi calon mahasiswa baru yang tersebar dalam 41 Program Studi di Unimed. Saya juga menghimbau kepada para kepala sekolah dan tim pengisian PDSS di sekolah untuk tidak melakukan kecurangan data nilai rapor siswa dan prestasi akademik siswa, karena akan terjaring secara sistem di panitia pusat. Jika melakukan kecurangan maka akan diberikan sanksi dengan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya. (Humas Unimed).

TATA CARA MENGIKUTI SNMPTN UNIMED 2015
Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) pendaftaran oleh siswa.
 
Pengisian dan Verifikasi PDSS
a)    Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman pdss.snmptn.ac.id.
b)    Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
c)     Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
d)    Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
 
 
Pendaftaran SNMPTN UNIMED 2015
a)    Siswa Pendaftar, menggunakan NISN dan password yang diberikan pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
b)  Siswa Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
c)    Siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman snmptn.ac.id.
d)   Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
 
Bagi sekolah dan/atau siswa pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di Plasa Telkom di seluruh Indonesia.

info lengkap SNMPTN UNIMED 2015 




0 komentar:

Posting Komentar