Senin, 31 Januari 2011

Panduan Lengkap Beasiswa Bidik Misi 2011/2012

-->





PEDOMAN PANDUAN BIDIK MISI 2013

lebih lengkap


Alhamdulillah... Beasiswa Bidik Misi 2011 telah tiba...

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010 meluncurkan program Bidik Misi untuk memberikan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada 20.000 mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi di 104 perguruan
tinggi penyelenggara.

Program ini merupakan program seratus hari kerja Menteri Pendidikan Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010 yang pada tahun 2011 ini dilanjutkan dengan kembali menerima 20.000 calon mahasiswa yang diselenggarakan di 117 perguruan tinggi penyelenggara selain melanjutkan angkatan 2010.

Agar program Bidik Misi dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu, maka diharapkan para pimpinan dan atau pengelola perguruan tinggi dalam melakukan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi mengacu pada pedoman ini. Selain itu pedoman ini diharapkan juga dapat mempermudah calon mahasiswa atau mahasiswa
penerima terkait dengan implementasi program Bidik Misi.

Hal-hal yang perlu diketahui peserta Bidik Misi 2011/2012 :
  1. Kementerian Pendidikan Nasional melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan unit utama, unit kerja dan instansi terkait termasuk Panitia Seleksi Nasional serta melakukan publikasi melalui media massa;
  2. Dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota melakukan sosialisasi dan atau memberikan informasi kepada satuan pendidikan di lingkungannya tentang program Bidik Misi;
  3. Institusi pendidikan tinggi melakukan sosialisasi dan atau memberikan informasi kepada sekolah dan publik tentang program Bidik Misi;
  4. Kepala Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan seluruh proses pendaftaran di setiap sekolah dan mengirimkan berkas yang telah memenuhi persyaratan ke perguruan tinggi penyelenggara yang dituju.

Adapun persyaratan pendaftar Bidik Misi 2011/2012 :
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2011 atau telah lulus pada tahun 2010 dan bukan penerima Bidik Misi;
  2. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  3. Memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi serta masuk dalam 30 persen terbaik di sekolah (semester empat dan lima bagi yang akan lulus 2011 atau semester lima dan enam bagi lulusan 2010) dicantumkan pada formulir rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah (Lampiran 3 bagian D);
  4. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat Kabupaten/Kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa);
  5. Prestasi yang dimaksud pada butir 3 (tiga) dan 4 (empat) dinyatakan melalui surat pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah atau kepala dinas pendidikan Kabupaten/Kota

TATA CARA PENDAFTARAN Bidik Misi 2011/2012 :
  1. Calon pendaftar memilih program pendidikan Diploma III, Diploma IV atau Sarjana (S1) pada perguruan tinggi negeri penyelenggara;
  2. Setiap calon hanya boleh mendaftar di 1 (satu) perguruan tinggi, dengan memilih paling banyak 2 (dua) program studi, pendaftaran pada lebih dari satu perguruan tinggi akan dikenai sanksi sebagai diatur pada Bab V. Sub Bab D;
  3. Kepala Sekolah/Madrasah menyeleksi siswa yang memenuhi syarat program Bidik Misi dan menyusunnya ke dalam sebuah Rekomendasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya menggunakan formulir pada Lampiran 3;
  4. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi Bidik Misi ke bidikmisi.dikti.go.id/sekolah dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 4 bagian F) untuk mendapatkan nomor NISR (Nomor Identifikasi Sekolah Pemberi Rekomendasi);
  5. Sekolah merekomendasikan siswa melalui bidikmisi.dikti.go.id/sekolah menggunakan NISR untuk mendapatkan NP (Nomor Pendaftaran);
  6. Calon pendaftar melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan untuk mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah/Madrasah;
  7. Calon yang memenuhi persyaratan melakukan pendaftaran langsung secara online melalui laman bidikmisi.dikti.go.id/pendaftaran menggunakan NP kemudian mencetak formulir pendaftaran (Lampiran 2) untuk disampaikan ke Kepala Sekolah/Madrasah beserta berkas persyaratan lainnya;
  8. Calon yang tidak dapat melakukan pendaftaran secara online sesuai butir 7, mengisi formulir yang disediakan oleh sekolah/madrasah. Selanjutnya formulir yang telah diisi beserta berkas persyaratan lainnya disampaikan ke Kepala Sekolah/Madrasah. Formulir dapat di unduh di dikti.go.id
  9. Kepala Sekolah/Madrasah mengirimkan berkas yang memenuhi syarat secara kolektif kepada masing masing Rektor/Ketua/Direktur atau pimpinan PTP yang dituju dengan perihal surat pendaftaran bidik misi 2011

Ada sedikit perbedaan berkas yang harus dilengkap oleh pendaftar yang lulus tahun 2010 dan 2011 seperti yang tertera di gambar di bawah ini.

Pendaftar yang lulus 2010


Pendaftar yang lulus 2011


Download Berkas-berkas Bidik Misi 2011 :


-->

Download Formulir Bidik Misi 2011/2012
di Mediafire
Download Info Lengkap Pedoman Bidik Misi 2011/2012 di Mediafire
Download Kuota Perguruan Tinggi penyelenggara Bidik Misi 2011/2012 di Mediafire
Download Formulir Rekomendasi Sekolah Bidik Misi 2011/2012 di Mediafire
Pengumuman SNMPTN Undangan 2011/2012



Matrix Bidik Misi 2011
Pertanyaan Penting seputar Bidik Misi 2011
Website Dikti
Artikel yang berkaitan :

114 komentar:

  1. Thanks Pak buat informasi beasiswanya. Sangat berguna sekali :)

    BalasHapus
  2. apa bisa lulusan 2010 ikut?

    BalasHapus
  3. @Anonim
    Bisa, silahkan lihat syarat bagi lulusan tahun 2010 diatas ...

    BalasHapus
  4. bagaimana agar bisa tahu jupusan2 yg ada,

    BalasHapus
  5. apa dalam besiswa bidik misi semua biaya di tanggung,termasuk uang gedung..?

    BalasHapus
  6. Asslkm.....
    Maaf mau tanya nih, boleh gak ikut bidik misi fakultas kedokteran Unsoed..??? dan syarat nilainya minimal brp..?????

    BalasHapus
  7. @Anonim
    informasi mengenai jurusan apa saja yang mengadakan Bidik Misi 2011 tergantung PT yang bersangkutan. untuk melinat PT yang mengadakan Bidik Misi 2011 silahkan lihat Link Kuota PT
    Ingin dapat update terbaru? Email Otomatis

    BalasHapus
  8. @musyarrafah
    sebagaimana tehun lalu, peserta Bidik Misi yang diterima tidak membayar uang gedung. untuk lebih jelasnya lihat Pedoman Bidik Misi 2011
    Ingin Update Terbaru Otomatis?? klik Update Otomatis

    BalasHapus
  9. @sri pusparida
    berkaca pada tahun lalu Unsoed membuka Bidik Misi fakultas kedokteran. mengenai nilai minimal secara umum lihat Pedoman Bidik Misi 2011, secara khusus web Unsoed belum mengumumkan pendaftaran Bidik Misi.
    Ingin Update Terbaru tomatis?? klik Update Otomatis

    BalasHapus
  10. apakah untuk mndftr bidik misi selain mndftr online d website snmptn jg hrus mndftr d website bidikmisinya??

    BalasHapus
  11. @Ria Restianiapakah harus daftar di web bidik misi setelah daftar di web snmptn ? perlu diketahui bahwa snmptn jalur undangan adalah bidik misi.untuk lebih jelasnya silahkan download pedoman bidik misi 2011 diatas

    terima kasih,
    nasehatguruku

    BalasHapus
  12. saya udah semester 2 di bangku kuliah namun saya terancam berhenti kuliah karena tidak ada biaya.apakah sata boleh ikut seleksi bidik misi?

    BalasHapus
  13. @nova
    diantara persyaratan bidik misi adalah lulusan 2010 atau 2011, berprestasi dan dari golongan tidak mampu. Lebih lengkapnya silahkan lihat pedoman bidik misi diatas. Jika Anda termasuk dalam syarat diatas Anda boleh ikut seleksi bidik misi.

    BalasHapus
  14. maksud saya begini pak..
    saya berasal dari keluarga kurang mampu dan selama sekolah nilai saya cukup bagus.karena sekarang kedua orang tua saya tak sanggup lagi membiayai kuliah saya maka saya disuruh berhenti.. sedangkan dalam persyaratannya yang sudah kuliah tidak dibolehkan mengikuti seleksi..apakah dengan keadaan saya ini saya bisa ikut seleksi bidikmisi?

    BalasHapus
  15. @nova
    ketika Anda berhenti kuliah maka otomatis Anda memenuhi syarat ikut seleksi bidik misi.

    BalasHapus
  16. terimakasih atas jawabannya pak

    BalasHapus
  17. beasiswa bidik misi di polinema kapan ditutup?

    BalasHapus
  18. saya mau tanya, kapan ujian snmptn jalur bidik misi dimulai?

    BalasHapus
  19. @Anonim SNMPTN jalur undangan ditutup tanggal 12 maret 2010. BESOK

    BalasHapus
  20. @nones SNMPTN jalur undangan mulai tanggal 1 februari dan terakhir tanggal 12 maret 2011. BESOK.
    Ingin Update Terbaru tomatis?? klik Update Otomatis

    BalasHapus
  21. itu kan pendaftarannya pak,nah kalo ujiannya kapan rencananya akan dilaksanakan?

    BalasHapus
  22. kpan penutupan jalur bidik misi????

    BalasHapus
  23. aslm,pak saya mau tanya lagi.. apakah bantuan bidik misi hanya untuk snmptn jalur undangan saja? bagi yang ikut snmptn ujian tulis bisa nggak dapat bantuan bidik misi?

    BalasHapus
  24. bagaimana cara mendapat No. Pendaftar Sementara?

    BalasHapus
  25. bagaimana cara mendapat No. Pendaftar Sementara , bagi lulusan 2010 ??

    BalasHapus
  26. @nones di web snmptn tidak ada jadwal ujian silahkan lihat di web snmptn

    BalasHapus
  27. @nova beasiswa hanya untuk jalur undangan tidak jalur tulis

    BalasHapus
  28. maaf sebelumnya, bukankah pendaftaran bidik misi ada dua jalur, undangan dan jalur tulis. kalau yg jalur tulis kan sudah ditutup, terus yang jalur tulis bagaimana pak? kapan dimulai pendaftarannya?

    terus lagi, kenapa bapak menyatakan bahwa tidak ada jalur tulis? padahal diawal bapak menjelaskan ada jalur tulis. mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  29. kasus : ada seorang mahasiswa yang saat ini kuliah pada semester 2 di suatu universitas. saat ini ia ikut seleksi snmptn yang terintegrasi dengan bidik misi.ia memilih jurusan lain pada universitas yang sama dengan yang ditempatinya sekarang. seandainya ia lulus ujian snmptn nanti apakah ia akan mendapatkan sanksi?

    BalasHapus
  30. fitri mahaliniApril 08, 2011

    Pak, mau tanya kapan dimulai pendaftaran bea siswa bidik misi tahun akademik 2011/2012???

    BalasHapus
  31. smga sya bsa mnjd slh satu yg dpt BIDMIS..Amin.. http://erickstdy.blogspot.com

    BalasHapus
  32. saya mau tanya,,
    kira2 yang diutamakan untuk terpilih di BIDIK MISI ini nilai Rapor apa nilai UNAS ya ??
    soalnya nilai saya kelas 1 ada yg standart hehe..
    dan peringkat saya juga agak menurun di kelas,
    sekarang ini kelas 2 smk dan sedang prakerin..
    kalo rapor kelas 3 dan UNAS masih bisa diusahakan buat naikin nilainya..
    Muhon pencerahannya..
    thx

    BalasHapus
  33. apakah pengumuman bidikmisi itu bersamaan dg snmptn undangan?

    BalasHapus
  34. penggumuman bidik misi lewat online busa di lihat di situs atau werb mana ea?.....


    dari tadi saya cari kog blom ketemu?....

    BalasHapus
  35. SAYA MAU TANYA KALAU MAU MELIHAT DAFTAR PENGGUMUMAN PENERIMAAN BIASISWA BIDIK MISI UNEJ ADA DI ALAMAT APA YA

    BalasHapus
  36. apa bener yg jalur undagan menang dgn bidik misi itu setelah didalam /sbg mahasiswa didalam nya kita tdk membayar uang sekolah nya lagi??

    BalasHapus
  37. kapan pegumuan bidik misi??

    BalasHapus
  38. pengumuman SNMPTN jalur undangan 2011/2012 bisa dilihat di akhir artikel diatas

    BalasHapus
  39. @Anonim

    Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2011 (UNEJ)Universitas Jember bisa dilihat di bawah

    Pengumuman SNMPTN Undangan UNEJ 2011/2012

    BalasHapus
  40. pengumuman bidik misi UNNES 2011 kapan? bisa di lihat dimana?

    BalasHapus
  41. untuk bidik misi Umptn unesa kapan akan diumumkan?

    BalasHapus
  42. saya sudah kuliah di salahsatu Perguruan tinggi swasta..bisa g sya ikt tes? atau mutasi nilai nantinya.terima kasih

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah saya diterima bidik misi UNDIP 2011
    tapi dalam registrasi tertuliskan nminal lebih dari 10 juta....tidak kebayang uang dari mana, ortuku penghasilan 450 rb per bulan.
    Mohon petunjuk, masihkan saya bisa diterima menjadi mahasiswa? mohon doanya.
    terimakasih

    BalasHapus
  44. Bidik misi Universitas trunojoyo kpn pengumumannya.........?

    BalasHapus
  45. assalam,
    saya mengikuti snmptn jalur undangan dengan beasiswa bidik misi 2011 di itb,
    kapan pengumuman bidik misi untuk mahasiswa itb di umumkan?

    BalasHapus
  46. saya tmtan tahun 2011 d sma solok (padang) saya pngen skli mndpatkan bea siswa u/ kliah karna orang tua sya tdak ada biaya u/ mlanjutkan k prguruan tggi,pdhal sya juara1 d klas dan termasuk sswa yg krang mmpu,,,,,apakah ada ksempatan saya u/ kuliah? saya ngat butuh bea sswa...klau ada tanggapan hrap hub sya 081267407278 / di fb sya Whidya cllumenanty tuti

    BalasHapus
  47. SAYA LULUSAN SMK PERTANIAN TAHUN 2009 SAYA INGIN MENDAFTAR APAKAH MASIH BISA, SAYA LAHIR PADA 04 - 08 - 1991, JADI USIA SAYA MASIH 20 thn. trimakasih

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum..
    Pak saya ingin tanya. Pengumuan Beasiswa Bidikmisi UGM jalur undangan bisa di lihat di mana ya....???

    BalasHapus
  49. apakah masih ada pendaftaran bidikmisi yang masih buka di kota bandung??
    .di PT mana sajakah??

    BalasHapus
  50. Assalamu'alaikum...
    bagaimanakah alur pendaftaran agar saya dapat mengintegrasikan bidik misi pada SPMB lokal UNSOED.

    BalasHapus
  51. terimakasih untuk panduan lengkapnya. ditunggu untuk versi 2012nya ya...

    BalasHapus
  52. kapan cairnya biaya hidup yang telah diterima melalui jalur bidik misi?

    BalasHapus
  53. assalamu'alaikum
    mau tnya bidik misitahun ajran 2012/2013 masih ad apa nggak???
    Trus apa syaratnya untuk ikut beasiswa idik misi???

    BalasHapus
  54. bidik misi masih ada gag? batas akhir tanggal berapa?

    berkas dikirim kemana?

    BalasHapus
  55. keren bgt info nya,,,makasih banyak mas,,,

    loi

    BalasHapus
  56. assalamualaikum
    pak kalau buat tahun 2012, bagaimna pak?
    kpan muali pendaftraanya ?
    terima kasih ^_^

    BalasHapus
  57. maaf semuanya mengganggu...
    tolong minta infonya dunk untuk program bidik misi thn 2012

    BalasHapus
  58. lia.purwaningsih@ymail.comNovember 23, 2011

    askumb....mau tanya nech info bidik misi tahun ajaran 2012 kapan mulai nya

    BalasHapus
  59. asslmkm mau tanya ,apakah tahun ajaran 2012/2013 jg ada program bidikmisi?

    BalasHapus
  60. MIFTAKHUL NIKMAHDesember 08, 2011

    assalammuallaikum,,,,,,makash tas infonya,,,sangat bermanfaat,,,dan tolong apabila da info terbaru program bidik misi 2012 segera di konfirmasikan,,,,TERIMAKASIH.

    BalasHapus
  61. iya mau tnya kpan info bidik misi 2012 ya? makasih...

    BalasHapus
  62. 2012 ada gak ??

    BalasHapus
  63. saya juga mau info bidik misi 2012 :) kapan di posting???

    BalasHapus
  64. info bidik misi 2012 saya tunggu ,,,,:)

    BalasHapus
  65. pak info bidik misi 2012 keluar kapan ya...?

    BalasHapus
  66. Pak saya tunggu segera info bidik misi 2012 dari UNS.. karena saya tau untuk b.jwa pst bagus kan....

    BalasHapus
  67. kami tunggu info bidik misi 2012, qra qta bisa gak memilih jurusan?

    BalasHapus
  68. qra2 bebas gak qta memilih jurusan?

    BalasHapus
  69. kalo uang kuliah lebih dari nominal bidik misi, trus gimana?
    bayar sendiri gitu -__-

    BalasHapus
  70. assalamu'alaikum....
    bidik misi tahun 2012 masih ada gak?
    kapan keluarnya????

    BalasHapus
  71. Terima kasih info'y !
    Mau tanya , apabila lulus bidik misi, apakah benar2 bebas biaya (Rp.0) hingga slesai kuliah??

    BalasHapus
  72. untuk informasi tahun yg akan datang se cepatnya ya..?

    BalasHapus
  73. Bidik Misi sangat menjanjikan dan membantu mhs yang ekonomi orang tuanya tidak mampu. Alangkah baiknya kalau pencairannya dilakukan di awal-semester pada saat mhs sangat membutuhkan. Sementara th 2011 pencairannya setelah >4 bulan berjalan.., sehingga ada beberapa mahasiswa yg terpaksa berhenti.

    BalasHapus
  74. ASSalamualaikum.........
    Saya seorang pelajar SMA kls XII,bingung melanjutkan ke PT karena masalah EKONOMI.
    Tapi saya bukan orang yang pintar dikelas,yang saya miliki saat ini hanyalah harapan,keinginan,dan SEMANGAT yang menggebu.
    Apakah tipe seperti saya bisa masuk ke dalam kriteria penerima BIDIK MISI?????????

    BalasHapus
  75. pa, mau nanya kpan revisi pedoman sma furmulir 2012 d terbitkan ?..

    BalasHapus
  76. assalamualaikum...
    pak mau tanya kapan reverensi pedoman sama formulir di terbitkan???

    by.mega

    BalasHapus
  77. Permisi, numpang tanya Pak
    untuk revisi yang tahun 2012 kapan diterbitkan ?
    terima kasih....

    BalasHapus
  78. assalamualaikum.......

    pak klau 2012 kpn kluarnya??????????

    BalasHapus
  79. ass..,,
    bidik misi yang 2012 dah ada blum ya..,,
    makasih

    BalasHapus
  80. nisfi azizahJanuari 13, 2012

    Assalamualaikum...
    saya siswi kelas XII di smk.farmasi,,insyAllah 2012 ini lulus dan ingin sekali melanjutkan belajar saya di Univ negri.
    saya angkatan pertama, jadi sekolah belum bisa akreditasi, padahal alhamdulillah saya peringkat 3besar di kelas dari kelas X..
    apa bisa saya mengikuti jalur undangan pa??mohon jawaban secepatnya, saya sangat butuhkan informasi beasiswa ini..
    wassalam.. :)

    BalasHapus
  81. maaf saya sedikit ikut campur ..
    saya ingin menjawab pertanyaan dari @ORI.HARI ..
    iya untuk yang mendapatkan beasiswa bidik misi , sepenuhnya di tanggung oleh pemerintah , dan tidak di pungut biaya sedikit pun ..
    karena saya sudah 3 semester sampai saat ini meneriman bidik misi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sedikit takut dan bingung tentang bidik misi.. apa prosesnya sulit? apa bidik misi diberikan kpd mahasiswa yg mendapat prestasi saja? mohon balas

      Hapus
  82. NISFI AZIZAH
    kamu boleh mengikuti bidik misi dengan jalur SNPTN ujian !!
    dan saya sudah menanyakan ke bagian pebimbing bidik misi di univ ..
    terima ksih

    BalasHapus
  83. kalau mau mengatahui bidik misi , oleh hubungin saya ke no ini 08561235444
    cari tau sedalam-dalamnya , tentang beasiswa ini ..
    jangan di sis-siakan..
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @marlyna km ikutan bidik misi juga ya :D

      aku ga pnya hp habis di.jual tau >,<
      kasih tau cara nya ?? di sni jng pke no ahh... terlalu privat.. lebih baik buat semuanya gara pda tau :D

      Hapus
  84. Ricky AdityaJanuari 15, 2012

    Saudara Marlina Syd
    saya boleh minta info bidikmisi sama formulir, persyaratan, dll boleh ga?
    kalo boleh tolong hubungi saya di nomor 083821280998
    atau boleh tau situs yang dapat diaksesnya?
    soalnya di situs dikti infonya yang tahun lalu kalo yang tahun sekarang ga ketemu sama saya nya
    makasih

    BalasHapus
  85. pak saya mau nanya pendaftaran bidik misi 2012 kapan ya? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  86. Ak kiky. Bleh p tdk mgikuti bidik misi krn ortu sy tdk mampu mbiayai kuliah krna PHK. Nmun kl d liad dri rmh sy trmasuk dkatakan layak. Saranx dong pak..T.T

    BalasHapus
  87. kalau mw mengikuti beasiswa ini panduan lengakapnya bisa di lihat dmn yah?? trus apakah berkas berkasnya harus dikirim ke ptn yang bersangkutan yah...??ka marlina nanti aku boleh hubungin kamu yah..

    BalasHapus
  88. pak saya mau tanya bidik misi itu nilai rata".a hrs berapa yaw,,,??saya minat bgt,,,,tp saya tergolong siswa tidak pintar,,,,nilai sya jj ngx baek" amat,,,,,tp modal saya hanya semangat dan dukungan orang tua,,,,,,,

    BalasHapus
  89. saya sgt brmnat untuk ikut..

    BalasHapus
  90. assalamu alaikum pak ??
    nama saya amir, saya lulusan SMA tahun 2010 dan sudah dua tahun ini saya menganggur karena orang tua saya kurang mampu, apakah saya masih bisa ikut program beasiswa bidik misi ini pak ??

    terimah kasih

    BalasHapus
  91. pak?? saya juga lulusan SMA tahun 2010, dan kini saya hanya membantu orang tua saya mengurus kebun. saya sangat pengen kuliah, tapi untuk makan saja susah, dan tahun 2010 kemarin saya mencoba memasukkan berkas saya ke salah satu perguruan tinggi yang mengadakan program beasiswa bidik misi ini, akan tetapi pihak kampus menolak dengan alasan :,
    nilainya kurang memenuhi, dan kedua: saya kurang memiliki sertifikat atau piagam selama saya sekolah,
    tolong pak kebijakannya,,,, saya sangat pengen kuliah pak ????

    BalasHapus
  92. SAYA BINGUNG DENGAN BIDIK MISI TOLONG DIPERJELAS LAGI DONG ???
    BIAR SAYA LBH JLAS N MENGERTI CRANYA

    BalasHapus
  93. saya lulusan tahun 2011, untuk mengikuti bidikmisi bagaimana caranya pak atau ibu? apakah hanya bisa lewat snmptn tulis? sedangkan tahun yang lalu informasinya masih bisa lewat snmptn undangan, saya mohon dengan sangat pak atau ibu, agar lulusan tahun 2011 juga bisa mengikuti lewat undangan, saya mohon dengan sangat. saya ingin sekali kuliah. :(

    BalasHapus
  94. Saya seorang lulusan tahun 2011.
    Untuk Bapak/Ibu yang terhormat. Untuk lulusan 2011 agar bisa mengikuti bidik misi bagaimana caranya? Apakah hanya bisa lewat snmptn tulis/mandiri? sedangkan tahun lalu untuk yang lulusan 2010 bisa lewat jalur yang undangan. Saya mohon dengan sangat kepada Bapak/Ibu yang berwenang dan bersangkutan agar lulusan 2011, tetap bisa ikut di jalur yang undangan, saya mohon dengan sangat. Karena jikalau yang tulis atau mandiri, pasti membutuhkan biaya pak, seperti transportasi, membayar snmptn nya. Sedangkan kita hanya seorang yang kecil yang hanya bisa mengharap belas kasihan dari yang terhormat. Saya mohon dengan sangat, agar lulusan 2011 tetap bisa di jalur undangan. Terimakasih.
    Mohon balasannya secepatnya.

    BalasHapus
  95. assalamualaikum pak/bu :-)
    saya siswa SMA kelas XII insya allah thun ini lulus. saya bingung mau melanjutkan sekolah ke PT, dikarenakan msalah ekonomi. saya ingin mengikitu jalur bidik misi untuk kuliah karena saya sangat ingin kuliah. alhamdulillah sya masuk 50% terbaik klas, mempunyai piagam organisasi dan perlombaan. namun orang tua sya hanya kerja serabutan, v saya ingin kuliah.,tolong kebujaksanaannya.apkah sya bisa engikuti jalur bidik misi ?? satu lagi pak/bu, yg boleh mengikti bdik misi itu siswa berprestasi 50% terbaik klas/30% ???

    BalasHapus
  96. ass...
    saya alumni SMA thn 2009/2010 dr dl saya ingin melanjutkan k perguruan tinggi.tapi faktor ekonomi yg menghambat saya.nah,apakah masih ada beasiswa untuk seseorang yg sdah berhenti dl selama 2thn?dan kalo bisa sy mohon mnt untuk persyaratannya.thx

    BalasHapus
  97. pak , mw tanya apa boleh ikut bidik misi yang sekolahnya belum terakreditasi Karena saya angkatan pertama yang akan lulus tahun 2012 nanti.thanks.

    BalasHapus
  98. assalamualaikum...
    saya angkatan pertama yang akn lulus tahun 2012 nanti .Saya anak smk kelas 3.tetapi sekolah ku belum terakreditasi .Saya ingin sekali melanjutkan ke PT tapi faktor ekonomi yang menghambatku...

    BalasHapus
  99. saya lulusan thun 2010. dan saya ingin kuliah di solo. karna saya tinggal disitu sekarang.
    tapi, saya tidak punya bea yang cukup untuk kuliah.
    karna tidak ada yang dapat membantu saya untuk kuliah.
    untuk ikut bea siswa seperti bidik misi, kendalanya harus mengurus administrasi persyaratan keluar kota. sebab sekolah saya di luar solo.
    di tambah lagi saya bekerja honorer yang penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari- hari saja.
    apa yang harus saya lakukan???
    adakah solusi untuk saya???
    tambahan lagi...
    saya memiliki sedikit prestasi ekstrakulikuler dan pernah mengikuti lebih dari 5 ektrakulikuler dan organisasi di dalam dan di luar sekolah.
    apakah ada beasiswa yang dapat menerima saya dengan prestasi yang hanya segitu tanpa ada prestasi akademik???
    tapi saya punya keinginan kuat untuk melanjutkan kuliah.
    insya allah, saya mampu. karna sebanarnya saya mampu secara akademik.

    BalasHapus
  100. mau daftar... tapi ribet.....?? yg jdi pertanya an ku apa iya tanpa biaya sama sekali

    BalasHapus
  101. Pendaftaran bidik misi ditutup tggal brp ya..........???????????

    BalasHapus
  102. Saya sudah mendapatkan formulir dan kartu peserta bidikmisi jalur tertulis .

    Lantas, langkah ap yg harus saya lakukan selanjutnya???
    Bisa tolong dijelaskan cara untuk mendaftar ke PT yang kita inginkan??

    BalasHapus
  103. Permisi,,
    pak mau tanya, pengumuman penerimaan lewat jalur bidik misi tanggal brp?? Makasih :)

    BalasHapus
  104. assalamualaikum
    pa mau nanya
    apakah ada seleksi lagi setelah pengumuman pmb bidik misi?

    BalasHapus
  105. syarat-syarat yang harus di bawa pada saat daftar ulang bagi yang lulus bidik misi apa saja ?

    BalasHapus
  106. oya pak,apa aja persyaratan pendaftaran ulang bidik misi di unpad

    BalasHapus
  107. Permisi, pak mau tanya. ini kan tahun 2012, kalau untuk lulusan tahun 2011 masih bisa ikut Bidikmisi ggk untuk tahun depan ? Trm ksh

    BalasHapus
  108. saya mau tanyak !! pengumuman bidikmisi 2013 bagi yg lewat lihat dimana ya? dan kapan keluar hasilnya?

    BalasHapus
  109. pak, saya angkatan 2012, apakah saya bisa mengajukan beasiswa bidik misi tahun 2013 pak ?

    BalasHapus

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Informasi Terbaru

Kawan

TopOfBlogs
Current Events & News Blogs - Blog Rankings nasehatguruku's Profile on Ping.sg